Sabtu, 02 November 2019

Penyebab dan Cara Mengobati Rematik

Penyebab dan Cara Mengobati Rematik


Rematik atau disebut juga dengan  rheumatoid arthritis (RA)  adalah penyakit autoimun yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh justru balik menyerang persendian yang sehat. Akibatnya, persendian jadi nyeri, membengkak dan kaku. Bagaimana cara menyembuhkan rematik ? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian dan struktur di sekitarnya. Rematik bisa menyerang bagian kepala sampai kaki. Rematik juga bisa disebut dengan nama  rheumatoid arthritis (RA).

Penyebab Rematik


Rheumatoid Arthritis (RA) adalah jenis rematik yang banyak diderita masyarakat Indonesia. RA bisa menyerang orang pada umur berapa pun, termasuk balita. Peradangan penyakit ini terjadi pada jaringan synovial yang terdapat dalam persendian. Jaringan ini berfungsi untuk menghasilkan cairan pelumas sendi. 

Pada pasien RA, jaringan ini membengkak dan menunjukkan banyak sel yang meradang. Gejala rematik yang umum ditemukan adalah sendi kaku saat bangun tidur dan penderita sulit bergerak. Penyebab rematik pada orang usia produktif umumnya diakibatkan oleh peradangan. Peradangan ini bisa karena asam urat atau sebab-sebab lain. Penyebab rematik karena asam urat banyak dijumpai pada pria berusia 30-40 an tahun. 

Rematik jenis ini, terjadi karena kelebihan hasil metabolisme purin yang tertimbun di persendian. Timbunan ini yang menimbulkan rasa sakit di persendian. Gangguan autoimun seperti pada penyakit lupus termasuk jenis rematik yang disebabkan peradangan. Pada gangguan ini kekebalan tubuh tidak berfungsi sebagai pembasmi bakteri, virus atau benda asing yang memasuki tubuh. Kekebalan tubuh justru merusak jaringan tubuh yang sehat, termasuk jaringan yang ada di persendian.

Gejala rematik


Secara umum ada sejumlah gejala rematik seperti pembengkakan, kemerahan, nyeri di lutut, siku, pergelangan maupun di bagian sendi-sendi lain, gangguan otot dan tendon. Gejala rematik memang cukup luas. Rematik awal cenderung mempengaruhi sendi kecil terlebih dahulu, terutama sendi yang menempelkan jari ke tangan dan jari-jari kaki ke kaki Anda.

Ketika penyakit berkembang, gejala rematik sering menyebar ke pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, siku, pinggul dan bahu. Dalam kebanyakan kasus, gejala rematik terjadi pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh. Sekitar 40% orang yang menderita rematik juga mengalami tanda dan gejala rematik yang tidak melibatkan sendi.

Rematik dapat mempengaruhi banyak struktur lainnya, termasuk kulit, mata, paru-paru, jantung, ginjal, kelenjar ludah, jaringan saraf, sumsum tulang, dan pembuluh darah. 

Tanda-tanda dan gejala rematik dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dan bahkan bisa datang dan pergi. Periode peningkatan aktivitas penyakit, yang disebut flare, bergantian dengan periode remisi relatif — ketika pembengkakan dan rasa sakit berkurang atau menghilang. Seiring waktu, rematik dapat menyebabkan sendi berubah bentuk dan bergeser keluar dari tempatnya.

Jenis-Jenis rematik



Rematik terdiri dari 150-an jenis. Tetapi ada empat jenis rematik yang paling sering dijumpai di masyarakat kita. Berikut penyebab rematik yang sering terjadi, di antaranya:

  • Oteoarthritis yang disebabkan oleh pengapuran
  • Rematik luar sendi yang menyerang jaringan di luar tulang rawan
  • Rematik peradangan
  • Rematik yang disebabkan oleh pengeroposan.

Sekitar 50 persen keluhan nyeri sendi disebabkan oleh pengapuran. Pengapuran berarti menipisnya jaringan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan persendian. Bantalan dalam persendian yang aus itu menyebabkan terjadinya gesekan tulang sehingga menyebabkan nyeri. Pengapuran ini merupakan proses degenerasi yang dimulai pada usia 40 tahun. Kecepatan proses degenerasi berbeda pada tiap-tiap orang.

Sendi seseorang bisa mulai bermasalah di usia 40-an. Namun ada orang yang sampai usia 70-an sendinya baik-baik saja. Cepat lambatnya proses tadi ditentukan oleh beberapa faktor risiko, antara lain mutu tulang rawan dan kelebihan berat badan. Tulang rawan yang bagus akan lebih tahan terhadap kondisi aus. Ibarat ban mobil jika kualitasnya bagus maka persendian tidak mudah aus walau dipakai lama.

Pencegahan


Anda juga bisa mencegah datangnya penyakit ini, seperti tidak melakukan olahraga secara berlebihan, menjaga berat badan tetap stabil, serta menjaga agar asupan makanan selalu seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh, terutama banyak memakan ikan dari laut dalam.

Jika Anda merasa tidak cukup makan ikan laut, mengonsumsi suplemen bisa menjadi pilihan, terutama yang mengandung omega 3. Dalam omega 3 terdapat zat yang sangat efektif untuk memelihara persendian agar tetap lentur.

Jangan anggap enteng gejala rematik yang timbul. Begitu rasa nyeri mulai muncul, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendeteksi mana yang sekedar pegal linu biasa atau yang merupakan gejala rematik.

Pengobatan


Pengobatan rematik dilakukan agar mampu mengatasi hal-hal seperti berikut:

  • Mengurangi gejala dan komplikasi jangka panjang, seperti nyeri dan pembengkakan sendi.
  • Membantu meredakan peradangan pada sendi.
  • Meminimalisasi kerusakan sendi dan organ.
  • Meningkatkan fungsi gerak persendian, yang akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup.

Untuk membantu mengatasi masalah rematik dan asam urat, kami merekomendasikan Obat rematik kapsul RHEUMA STOP KAROMAH & HABATOP DE NATURE.



Berkhasiat untuk :

  1. Mengobati Pegal Linu
  2. Mengobati Rheumatik
  3. Menurunkan Kolestrol
  4. Melenturkan otot yang kaku
  5. Mengatasi kaki dan tangan Bengkak
  6. Menjaga tubuh tetap fit dan segar

Legalitas Produk



  • IZIN BPOM RI:

Rheumastop : POM TR 173 300 271
Habatop : POM TR 163 395 001
Penyebab dan Cara Mengobati Rematik

  • IZIN UKOT DINKES RI №503/1259/2016/2
  • SERITIFIKAT HALAL dari MUI



Layanan Konsultasi dan Pemesanan
Silahkan Hubungi Kami via
Telp, SMS, WhatsApp :

0813 9000 7699
085 714 989 816
Online 24 Jam Fast Respond







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kalau Mau Langsung Order Obatnya Bisa Menghubungi Customer Servis Kami Call/Wa 085714989816 - 081390007699

Obat Kanker Kelenjar Tiroid Herbal di Apotik

Sel diseluruh bagian tubuh berpotensi menjadi kanker dan dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Kanker dimulai ketika sel di tubuh berke...